EXIM BANK INDONESIA DUKUNG KOPERASI PRODUSEN GUNUNG LUHUR BERKAH TINGKATKAN NILAI EKSPOR KOPI

GLB News – Subang. Dalam rangka mendukung peningkatan nilai Devisa untuk Negara, Exim Bank selaku Lembaga Keuangan yang memberikan Pembiayaan Ekspor Nasional dalam bentuk Pembiayaan, Penjaminan, Asuransi dan Jasa Konsultasi mendorong adanya peningkatan nilai ekspor Indonesia salah satunya melalui komoditi unggulan Indonesia yaitu Kopi.

Paparan mengenai peran Exim Bank Indonesia tersebut disampaikan oleh Maquin U. Norhadi selaku Direktur Pelaksana II Exim Bank Indonesia dalam kunjungan nya ke Kantor dan Pabrik Kopi milik Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah (GLB) di Kampung Jati Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Kamis (20/05/2021).

Kunjungan yang dilakukan oleh Exim Bank Indonesia tersebut bertujuan untuk melakukan supervisi, konsultasi dan koordinasi mengenai apa yang bisa dibantu oleh Exim Bank Indonesia selaku Lembaga pembiayaan Ekspor berkaitan dengan program desa devisa yang tengah digaungkan oleh Exim Bank Indonesia.

“Kita tahu bahwa negara-negara maju seperti Amerika, Jerman, Korea Selatan, Jepang dan lain-lain itu mereka bisa mengekspor teknologi dan produk unggulan mereka melalui pembiayaan masing-masing Exim Bank negara tersebut, dan hal itu mendatangkan devisa yang terus menerus buat negara-negara tersebut” ujar Maquin dihadapan pengurus koperasi gunung luhur berkah

Direktur Pelaksana II Exim Bank Indonesia berfoto bersama pekerja di kebun persemaian bibit kopi milik Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah di desa cupunagara kecamatan cisalak, subang.

Itulah yang mendorong Exim Bank Indonesia kemudian mencanangkan program desa devisa yang kemudian mendorong peningkatan nilai ekspor nya dari hasil produk pertanian/perkebunan berupa komoditi-komoditi unggulan berupa kopi dan lain-lain yang bisa meningkatkan pula devisa bagi negara

“Karena Indonesia memiliki hasil alam yang melimpah seperti hal nya kopi maka kita harus dorong agar ada peningkatan yang signifikan dalam pembiayaan ekspor kopi, seperti hal nya yang dilakukan oleh Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah ini” paparnya

Sementara itu Miftahudin Shaf selaku Ketua Koperasi menyampaikan rasa terimakasih nya atas kunjungan yang dilakukan oleh Exim Bank Indonesia dan berharap ada Kerjasama yang bisa segera dibuat guna membantu upaya koperasi yang dipimpin nya mengejar target ekspor yang segera dilakukan.

“Ya sangat bersyukur atas kunjungan dari Exim Bank Indonesia, banyak hal yang bisa disinergikan, semoga bisa menjadi bentuk Kerjasama yang lebih kongkrit karena kita sudah ditunggu target untuk ekspor kopi ke Arab Saudi dan Dubai, mudah-mudahan bisa segera terlaksana” harap Miftah

Pihak rombongan Exim Bank Indonesia selain meninjau pabrik pengolahan kopi juga meninjau lahan persemaian bibit kopi serta kebun garapan milik Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah di Desa Cupunagara Kecamatan Cisalak. (ram/red)

Bagikan artikel ini

Leave a Comment